June 20, 2005

Japanese Style Cheesecake

Update 30/06/05: Recipe in English is now available

 

yumm..

After taking a long and winding road in searching the recipe for my favorite Eaton Cheesecake, finally the journey came to an end. And it’s a yummy ending.

All the folks on the groups who tried this recipe agreed that it’s like having clouds of soft lemony cheese in your mouth. Clouds!


Japanese Style Cheesecake
(English Version click here)

(sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga)

 

campur dan ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

 

bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

 

topping:
2 sdm selai apricot
2 sdm air

 

caranya:
  1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius.
  2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
  6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

English Version

Japanese Style Cheesecake
(Source: 35 Cheesecake Recipes Variation by Yasaboga)
 

Mix and sift:
50 gr flour (all purpose)
50 gr cornstarch

 

Ingredients:
60 gr unsalted butter
250 gr cream cheese, at room temperature
120 ml whipping cream
3 yolks
1 egg (whole)
2 tsp grated lemon rind
5 egg whites
1/8 tsp salt
125 gr castor sugar
1 tsp lemon juice

 

topping:
2 Tbsp apricot glaze or jam
2 Tbsp water

 

Instruction:
  1. Prepare a round spring form pan (22 cm diameter), line the bottom with bread paper (or parchment paper), grease with butter or margarine. Heat the oven at 150 degree Celcius.
  2. Put together in a sauce pan: butter, cream cheese and whipping cream. Cook on low heat, stir until soft, remove from heat.
  3. Mix in flour mixture, blend well. Stir in yolks and 1 egg (whole), blend well. Stir in grated lemon rind, blend well, set aside.
  4. Beat the egg whites until frothy, beat in sugar and lemon juice gradually while continue beating until it forms soft peaks.
  5. Spoon 1/3 of egg whites batter into cream cheese mixture, blend well. Fold in this batter to the remaining egg whites batter, blend well. Pour batter into round spring form pan, bake au bain marie (water bath) for approximately 75 minutes until the surface is done, golden yellow in color. Remove from ove, let cool on a rack.
  6. After it is completely cooled, open the pan, transfer cake onto plate. Mix apricot glaze/jam and water, heat until the liquid is homogeneous and easy to brush onto cake. Brush the cake surface with this glaze, let cool.
Enjoy!!




58 Comments »

The URI to TrackBack this entry is: http://pennylanekitchen.blogsome.com/2005/06/20/japanese-style-cheesecake/trackback/

  1. Comment by ina — August 19, 2005 @ 4:41 am

    saya baru nyobain bikin japanese cheese cake,kebetulan sy pake oven tangkring,kemaren uda dioven hampir 2 jam tapi koq ga matang2 ya?ada tipsnya ga klo bkn cheese cake pake oven tangkring,soalnya temperaturnya khan ga bisa diatur kayak oven listrik??kebetulan saya masih pemula but I LOVE COOK very much
    jadi please dijawab ya pertanyaan saya+klo bisa kasi tips2 laen bkn cheese cake untuk pemula

    >>>>> Ina, salah satu keberhasilan bikin kue apapun adalah, mengenal betul oven masing-masing. Nah, di api sebesar apa ovenmu biasanya bekerja dengan sempurna? Di situlah patokan untuk membesarkan atau mengecilkan api. Suhu standard untuk cake adalah 180 derajat, sehingga kalo diminta suhu lebih kecil, kurangi sedikit api dari biasanya, dan kalo diminta suhu lebih tinggi, besarkan sedikit dari biasanya. Jadi, yang paling tahu patokan perkiraan suhu yang tepat adalah kamu sendiri.
    Kalo mau repot sedikit, di toko bahan kue ada dijual termometer gantung, untuk digunakan di oven tangkring. Jadi nanti si termometer itu digantung di rak oven selama memanggang.
    Kalo udah lama sekali gak mateng juga, mungkin api kurang besar. Atau mungkin juga panas oven gak rata. Atau bisa juga airnya kebanyakan. Atau bisa juga loyangnya terlalu tinggi. Bisa banyak sekali kemungkinannya.
    Air untuk au bain marie maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Dan tinggi loyang yang berisi air harus lebih pendek dari loyang yang berisi adonan.
    Tips membuat cheesecake cukup banyak untuk dituliskan di sini, bisa jadi satu artikel sendiri. Sayangnya, setelah pindahan blog ini, semua comment dan jawaban yang isinya pembahasan cheesecake panjang lebar, terpaksa hilang :( . Mudah-mudahan suatu hari aku sempat menuliskan lagi semuanya.
    Saranku, gabung ke milis masak. Linksnya ada di sidebar blog ini (DapurBunda dan Natural Cooking Club). Di situ banyak orang tempat bertanya dan sharing pengalaman, dan insya Allah respon mereka cukup cepat.
    Keep on baking! —– Riana

  2. Comment by Farida — November 6, 2005 @ 3:42 am

    mbak riana…mau ngerepotin lagi nih…
    saya ngences liat JCCnya nih, mau bikin, tp ternyata loyang nya cuma punya bongpas 22 cm (tengahnya bolong), sama loyang bundar diameter 20 cm. Gak bisa ya mbak…?
    Kalau gak bisa, saya berarti hrs beli loyang lagi nih…(mahak bgt mbak loyang di Sendai/Japan). Kira2 loyang ukuran berapa ya, mendingan loyang yg kotak kali ya mbak? Soalnya resep di sini banyak yg hrs di au bain marie (kayaknya mbak riana penggemar cheese ya?)
    Thanks

    Khusus JCC ini bisa pake loyang biasa, Farida. Pake loyang bundarmu yang 20 cm itu aja, tapi mungkin nanti adonannya agak berlebih sedikit (adonannya kurang lebih cukup untuk loyang bundar 22 cm). Sukses ya.. —-Riana

  3. Comment by oChiNn — November 6, 2005 @ 2:57 pm

    mo nanyaa dunkss..
    saya perna beberapa kali buat cheesekcake pake loyang bongkar pasang..en uda di alasin pake alumunium foil segala biar aer bain marie ga masuk..tp aneh..tiap kali jadi pasti bawah kue nya koq basah kemasukan aer..padahal aernya jg 1/3 tinggi..koq bs msk ya?bisa ga ya pake loyang biasa ajah??sebaiknya gimana ni mba??mohon bantuannya..hihihi

    Khusus JCC, bisa pake loyang biasa..
    Yang kamu bungkus dasar loyang bagian luar kan? Hmm.. kalo masih kemasukan juga, harus dicek apakah airnya nyiprat masuk ke celah antara foil dengan loyang, atau apakah foilnya tipis sehingga mudah robek. Seharusnya gak masuk, aku udah sering praktekin.. *bingung* —–Riana

  4. Comment by oChiNn — November 10, 2005 @ 9:06 am

    Mo NaNya lage doNks..ini ibu..tante..ato cc Riana..ehehe..
    itu japanese cheesecake katanya mirip eaton jdnya?..setau gue eaton punya biasa aja d..yg mantapp tuch yg miki ojisan japanese cheesecake yg enak bgt..tau ga resepnya?kalo ada berbagi2 dunkss..


    Aku ini kayaknya om Riana deh.. hihihh..
    Waaah, mau dunk nyobain Miki Ojisan.. Di mana ya lokasinya?
    Eaton sekarang emang udah gak asik. Dulu gak ada yang ngalahin. Biasa, nasib pioneer emang gitu :) —-Riana

  5. Comment by Endah — November 11, 2005 @ 11:19 am

    Mbak Riana, beforehand, saya mau mengucapkan Selamat Lebaran, mohon maaf lahir bathin.
    Mbak, saya udah coba this JCC, and it all went well. Rasanya enak. Tapiiii.. kok ga jadinya ga setinggi cakenya Mbak Riana ya. Loyangnya padahal sama deh, yang diameter 22 cm. Biasanya penyebabnya apa ya Mbak. Many thanks for the assistance Mbak.

    Waaah, aku gak bisa analisa kalo gak tau detail kamu bikinnya. Yang pasti, kalo tekstur kue udah kayak kapas lembutnya, berarti udah sukses tuh.. —–Riana

  6. Comment by oChiNn — November 12, 2005 @ 7:40 am

    miki ojisan japanese cheesecake..itu ada di kelapa gading la piazza..ato ga di plaza senayan di lantai paling atas..cobain tuch..enakKKK bgtt ^^

    Udah nyobain semalem, menurutku sama enaknya tuh sama buatan sendiri.. —-Riana

  7. Comment by Windie — November 20, 2005 @ 9:11 am

    Mbak..nanya boleh yaaa….Kan cheesecake engga boleh dibalik makanya pake loyang bongpas kan..terus gimana ya caranya ngelepas kertas roti yang ada di alasnya? Jangan ketawa ya setelah baca *malu-malu*. Soalnya biasanya saya pake loyang biasa, jadi lgs dibalik setelah kuenya dingin buat ngelepas kertas rotinya. Makasih sebelumnya.

    Hi Windie, kamu temennya Huma ya? hehehe.. :D
    khusus Japanese Cheesecake ini, kue bisa dibalik. Tapi untuk cheesecake lainnya, kertas gak perlu dilepas. Untuk cheesecake yang dialasi biscuit crumbs atau sponge cake bahkan gak perlu dialasi kertas, kue bisa langsung diangkat menggunakan spatula dan dipindahkan ke piring saji. —-Riana

  8. Comment by liza — December 2, 2005 @ 7:25 am

    Salam kenal mb’ riana! Baru kenal mo tanya niii… bole yaaak! untuk JCC ini waktu masukin trigu & maizena ke dalam adukan keju, mentaga & whipping nya nunggu dingin dulu ato ga perlu tunggu dingin mbak? aku bikin bantet :( kocok putih telur nya kira2 berapa lama bisa dibilang “DONE”?…. thanks ya mbak!

    Tunggu minimal sampe hangat, say. Pokoknya jangan panas-panas.
    Kocok mengocok gak bisa pake itungan menit karena aku gak tau kapasitas miksermu. Jadi, sampe dia membentuk puncak-puncak tumpul (bukan puncak runcing). Kalo mikser diangkat, adonan akan ikut terangkat tapi kemudian jatuh lagi ke mangkok. Walaupun kaku tapi warnanya masih shiny dan gak terlihat kering.
    Sukses ya…
    —- Riana

  9. Comment by liza — December 2, 2005 @ 9:49 am

    Soal putih telur, aku kocok sampe kaku jadi kek whiping, pas diangkat ga turun-turun.. binun gw! aku barusan slesai tuh bikin nya, lumayan dari kemaren. btar minggu depan mo coba lagi dan beli telor lagi, hubby bilang “we will have chicken farm soon!” :) Thx mb riana!

  10. Comment by oChin — December 24, 2005 @ 5:26 am

    mba riana..kmaren ini gue buat japanese cheesecake..koq dr di dlm oven tingginya tinggi bgt..sampe dikeluarin dr loyang menurun jd setinggi loyang..trus pas di kulkasin koq jd turun 1/2 loyang!!hahaha..bisa kempes gt bingung..tp rasa en teksturnya uda enak tuch..mba riana bs ajarin gimana biar ga turun tuh kue..hehe Thanks a lot mba

    Ochin, maap baru jawab sekarang.
    Udaranya kebanyakan. Udara berlebih ini bikin kue mengembang berlebihan di dalam oven, dan mengempis di luar oven (berlaku juga untuk sponge cake). First of all, ngocok putih telurnya sampe soft peak aja, gak usah sampe puncak runcing. Lalu sebelum masuk ke oven, banting dulu loyang berisi adonan. Jatuhkan dengan lembut ke atas meja beberapa kali sambil diputar tiap kali membanting. Ini untuk membuang kelebihan udara dan meratakan udara di dalam adonan. Pastikan kue udah mateng dan kokoh sebelum dikeluarkan dari oven. Tekan permukaan kue, perhatikan pinggiran kue dan lakukan tes tusuk. Kalo permukaan kue udah keemasan, kering dan membal kalo ditekan, pinggiran kue udah menyusut menjauhi loyang, dan lidi yang ditusukkan kering keluarnya, berarti udah mateng, bisa diangkat dari loyang.
    Coba lagi deh, practice makes perfect! ——Riana

  11. Comment by ewik — February 11, 2006 @ 2:32 pm

    aloo mbak…okee tuh keliatannya jccnya….pengen nyoba tp lg binung…masukin tepungnya itu kapan dan kemana yaa? kok diketerangan cara membuatnya gak ada yaa??apa saya yg slh baca yaa? hehehe

    Kamu salah bacaaaaaa……. Coba dipelototin lagi tuh resep di atas :D ———–Riana

  12. Comment by ewik — February 11, 2006 @ 7:37 pm

    hihihhi maaf mbak…stlh aku melotot dgn serius…baru tau deh itu tepung hrs masuk kemana hehehe….tp…aku dah nyobain td dan rasanya super yummy2 bgt yaa,skrg kayaknya gak perlu beli cheesecake lg deh,buat sendiri jg bisa….soalnya aku penggemar sgl jenis cake keju….maa kasih yaa mbak…..

  13. Comment by dayana — February 28, 2006 @ 2:38 am

    Mbak Riana,kalo whipped cream nya gak pake yg botolan kyk foam itu bisa gak? Aku pengen coba pake yg bubuk.. Beli di toko merknya apa ya?
    Trus,JCC bisa didekorasi sprt cake2 lain gak sih? bagusnya pake apa?
    terakhir, JCC bagus disimpen di kulkas atau suhu ruang aja?
    THX A MUCHIE ya, mbak!!


    Lah? Emang maksudnya juga bukan yang botolan, say :) Yang cair, dalam kemasan karton. Kalo yang bubuk, cairkan dulu sesuai aturan di kemasannya. Merknya, yang bubuk? Ada Wippy, Pondan, Bio Bianca, dll.
    JCC bisa banget didekor kayak cake2 lain, udah banyak tuh yang bikin untuk kue tart. Bagusnya pake apa? Sesuai seleramu dooonk :) Whipped cream + buah2an oke, buttercream oke, pokoke bisa banget deh didekor kayak sponge cake.
    Aku sih sukanya di suhu ruang yang adem, atau kalo kulkas pun suhunya gak terlalu dingin (sedikit di bawah normal). Kalo di kulkas suhu dingin, cenderung memadat, tapi tetep okeh kok :)
    Happy baking! —————–Riana

  14. Comment by dayana — March 2, 2006 @ 7:19 am

    Mbak,aku udah nyoba resep JCC mu. Hmm..jadinya gak setinggi dan sehalus mulus JCC mu. JCC ku permukaan atasnya bolong2 gitu. Tapi teksturnya udah oke kok (menurutku..huehuehue), walau mgkin gak terlalu lembut tp aku uda cukup puas. Yg masih blm puas masalah penampilannya hhehehehe.
    Mbak, utk ngelembutin cheesecake bole pake TBM gak sih?

    Kalo JCC ini gak perlu pake TBM tuh, soalnya yang dikocok putih telurnya. “tbm”nya putih telur tuh cream of tar tar. Kalo cheesecake yang telur utuhnya dikocok sampe kental, itu boleh dibantu dengan tbm. Yaaah, boleh2 aja pake tbm, tapi aku belom pernya nyoba :D

    Trus waktu aku didih in cheese cream+mentega+whipped cream nya, kok gosong?pdhl uda pake api supeer kueecill… Apa hrs nunggu mentega en cheese cream nya leleh dulu,trus br masukin whipped creamnya? Punyaku langsung dimasukin sekaligus semuanya.

    Aduk terus selama dipanasin dan sesekali angkat dari api. Yang mudah gosong tuh krimnya. Aduk, angkat. Tarok lagi di api sebentar, angkat lagi. Aduk terus, sampe lumer semua dan halus. Pake whisk lebih oke.

    Satu lagi, ngocok putih telurnya sampe berapa lama sih klo pk mixer kecepatan pol( speed 3). Aku uda ngocok lama tp gak bisa soft peak. Apa aku kurang lama ngocoknya?

    Pelajari cara mengocok putih telur di sini.

    Tengkyu so much yah, Mbak Riana… 

    Sama-sama :) ———-Riana

  15. Comment by vira — March 21, 2006 @ 3:16 am

    Mbak, aku dah nyoba JCC ini wuih rasanya ueenak tenan..teksturnya kayak kapas lembut banget yah hampir-hampir kayak bolu gitu ya, akhirnya bisa juga nih, kemarin takut-takut gak jadi he he

    Hehehe… selamet ya…. ini kue emang enak bangeeeet… —–Riana

  16. Comment by dayana — March 23, 2006 @ 8:39 am

    Huaaa Vira skali nyoba udah oke yah?!
    Mbak Riana, MAKASIH BANGET jawabannya.. Emang you are the best deh..
    Aku uda nyoba buat lagi.. Ya ampyuunn Enak bangget!!! Temen2 ku pada mupeng semua,apalagi mamaku. Pdhal waktu pertama kali buat, JCC ku gak ditengok sama sekali! :( Makasih ya, Mbak!!
    Ur blog is so Cool!!! THX..

    Selameeet, selameeet.. congratulation….! Worth all the efforts kan? ——–Riana

  17. Comment by dayana — March 27, 2006 @ 11:10 am

    Huaaa.. makasih makasih.. Jadi terharu :(
    Daku bisa membuat kue juga. Ini hobi baru loh, mungkin baru 3 bulan ini, tp aku intensif baking mulu! Sampe mama ku ngomel.. Stop baking, she said. Karena aku suka ganggu dia waktu baking, nanya ini itu lah. Bagaimana pun dia lebi banyak makan asam garam per baking an..hahahahaha

    Makasih yah, mbak Riana.

    May i know u better? (ceilee..)

    Of course you may! *hugs*
    Imelan aja yuk… imelku ada tuh di “about me” ——–Riana

  18. Comment by bettie — April 5, 2006 @ 12:33 pm

    Riana, aku udah coba resep ini, waktu itu bikin 1 resep trus dibagi 2 di loyang loaf……
    waktu dipanggang lk 75 menit…begitu keluar dari oven langsung deh nyusut..trus teksturnya kurang lembut seperti yg kubayangkan :(
    Kenapa ya? mungkin kelamaan di ovennya ya?
    thanks - bettie

    Bettie, maap gak bisa banyak bantu. Bisa macem-macem penyebabnya. Tapi yang paling umum sih biasanya karena putih telurnya terlalu kaku. Seharusnya sih kalo instruksi dan bahannya bener semua, teksturnya Insya Allah lembut banget deh, kayak cheesecakenya Eaton or Miki Ojisan tuh.

  19. Comment by Sulis — April 15, 2006 @ 3:33 pm

    halo mbak riana..

    Halo juga Sulis :)

    setelah sekian lama nongkrongin hampir semua blog member NCC, rasanya almost everybody raved about Japanese Cheese Cake a.k.a JCC. dan akhirnya juga hatiku ‘terketuk’ untuk mencobanya. kebetulan aku juga udah punya buku dari yasa boga. but i hardly imagine how a JCC taste like. cheesecake yang udah pernah aku coba rata-rata teksturnya dense and very rich. buta last night i finally bake my first JCC. and here is my true first report.

    1. di buku sempat dibilang kalo bahan-bahan yang disebutkan dalam resep dibuat untuk loyang ukuran 18 cm. so, i used the 18 cm spring form instead of 22 cm. jadinya lumayan tinggi sih.

    Uh-huh..

    2. berhubung aku kehabisan terigu protein sedang, jadi aku pake terigu protein rendah. ngaruh banget ya buat tekstur cake-nya? karena cake aku jadinya sih emang cloudy gitu, tapi masih agak basah di bagian tengah (belum matang sempurna ya? padahal aku udah panggang extra time lho). and somehow, i can still taste a little bit floury in my cake. what’s wrong?

    Kadar protein emang bisa pengaruh ke tekstur sih. Tapi kayaknya kalo dalemnya masih floury, emang kuenya masih kurang mateng aja, bukan karena tepungnya.

    3. permukaan cake aku agak retak. apakah karena oven terlalu panas? padahal aku udah ngikutin sesuai petunjuk lho. aku pake oven ariston, tapi gak ada pengatur suhunya. jadi kira-kira aja. 150 derajat celcius itu panas rendah kan ya.

    Retak, iya biasanya terlalu panas. Tapi ini wajar kok, malah banyak yang seneng kalo kuenya retak, cantik kecoklatan gitu.

    4. what a JCC supposed to be anyway? aku bingung nih gak ada gambaran kira-kira rasa dan tekstur yang emang bener itu seperti apa.

    Hehehe… pernah ke toko kue Eaton? Nah JCC ini seperti cheesecake yang dijual di situ.

    thanks banget sebelumnya ya mba riana. sori lho pertanyaannya panjang banget. soalnya aku masih penasaran berat nih. gak sabar deh rasanya ingin mencoba lagi. hehehe.

  20. Comment by aan — April 27, 2006 @ 10:45 pm

    Mbak, aku dah cobain bikin JCC-nya. Enak banget, lembut dan kejunya berasa banget. Btw, koq waktu baking-ku lama bener ya. Perlu tiga jam nungguin si JCC itu mateng.
    Trims

    Tiga jam? Hmm…
    Bisa kerana ovennya kurang panas, panasnya gak rata, atau airnya kebanyakan. ———-Riana

  21. Comment by Sulis — May 26, 2006 @ 4:31 pm

    Thanks alot buat semua tips-tipsnya ya mbak.. btw, aku udah beberapa kali uji coba si JCC ini. and i think i’m getting better and better .. bahkan udah pernah bikin birthday cake b uat temen sekantor aku dengan cake ini (huh, nyombong… hahaha). it’s simply beautiful and delicious just by using strawberry (glazed with jam) and whipped cream for the garnish..

    So practice does make perfect ya :) ———Riana

  22. Comment by ocHinn — June 14, 2006 @ 2:09 pm

    mba rianaa..minta tips2 lagi dnk..kl di resep tulisnya whisk the egg white until stiff..maksudnya itu sampe softpeak atau hardpeak mba..

    Sampe hard peak.

    trus kl takut kuenya jd kempes..egg whitenya ditambahin cream of tar2 lbh aman ga si mba??

    Iya lebih aman. Atau tambahin 1 sdm gula pasir.

    trus kl sponge cake msh kerasa bau telur knp ya mba?

    Kasih vanilla (bubuk or exctract) supaya agak mendingan. Or flavoring lain.

    mohon dijwb ya mba..makasih bykkk yah mbaa…!!idup mba riana!mana ni mba resep2 barunyaa..uda lm ga update ni aku perhatiin..ehehe

  23. Comment by ocHinn — July 9, 2006 @ 12:14 pm

    mba riana,mo nanya ttg japanese cheesecake lg niich..kmaren aku buat lagi..setelah ikut2in tips2 mba, uda ga kempes lg sich..tapi skr masalahnya, koq teksturnya beda..setengah2..atas yg lebih berongga ky spongecake..yg bawah lebih padat..tp kl yg bwh itu bantet..hmm masih soft bgtt mba teksturnya, kaya cheesecake..knapa ya mba?bisa kasi tips2 nya? padahal telurnya uda di mixer sampe softpeak lho mba..THx yah mba

    Halah, emang deh si JCC ini bikin penasaraaaan..! Biar tips-tips udah digeber abis, tetep ada aja tantangannya. Terus terang aku juga gak mudeng ya kenapa bisa setengah-setengah begitu. Tapi selama gak ada batas yang tegas antara bawah dengan atas, sebetulnya wajar aja. Kecuali kalo ada garis tegas seperti dua lapisan, seperti di cake bantet, baru bisa dibilang bantet. ————-Riana

  24. Comment by linda — August 18, 2006 @ 12:21 am

    Mbak Riana, mau tanya dong, semalem saya membuat cheese cake ini tapi bantet, mengenai tehnik bake au bain marie :
    1. Ketika air panas masuk ke dalam oven, ternyata airnya mendidih dan bergelembung2 membuat oven berembun dan ada air keluar sedikit dari 4 kaki oven, saya memakai oven listrik, apakah memang begitu?
    2. Bagaimana caranya supaya air tidak mendidih di dalam oven?
    3. Ketika peng-oven-an berlangsung 30 menit, air didalam wadah sudah kering, apakah boleh dibuka utk menambahkan air?
    4. Sewaktu air kering, terpaksa saya buka dan ditambahkan air panas.
    5. Menurut tips yg saya baca air tidak boleh mendidih, apakah air panas yg dimasak harus didiamkan sebentar baru dimasukkan ke oven?
    6. Saya memakai rak paling bawah, dan sewaktu air dimasukkan langsung bergolak, apakah ini yg membuat kue bantet?
    7. Selama pemanggangan saya buka berkali2 utk menambahkan air, apakah ini juga yg membuat kue bantet?

    Makasih ya.

    Hi Linda

    1. Ini wajar kok :)
    2. Temperatur bisa diturunkan sedikit. Oven listrik memang cenderung lebih panas, karena ruangnya lebih sempit (umumnya).
    3. Waduh, cepet juga ya. Kayaknya panas banget tuh ovenmu. Yakin temperaturnya udah betul 150 derajat Celcius? Normalnya air baru akan kering setelah kurang lebih 1 jam. Aku gak rekomen dibuka kalo baru 30 menit. Lebih baik kamu coba turunkan temperaturnya deh. Boleh dibuka setelah kurang lebih 1 jam-an.
    4. Suhu langsung turun tuh. Proses pengembangan adonan terganggu. Result: bantet.
    5. Gak perlu. Boleh langsung aja dituang ke pan/loyang tim.
    6. Ooo,.. rupanya si air berada dekat banget sama besi pemanas, betul? Sehingga mendidih seperti di masak. Ada baiknya dipindah ke rak tengah. Kalo terpaksa harus di rak bawah, turunkan suhunya sampai air mendidih kecil saja (simmering), sehingga air tidak lekas habis/mengering dan kamu terpaksa bukan oven sebelum waktunya… oh, tidaaaak!
    7. Betul sekali. Welcome to the club :)

    ———Riana

  25. Comment by Tia — September 4, 2006 @ 7:52 pm

    Mbaaaak… tuluuuung!
    What happened to my cheesecake yak?
    Aku barusan nyoba bikin ngikutin resep ini. Pas udah mateng, permukaannya agak mumbul sedikit dari bibir loyang. Waktu dibiarin dingin didalam oven, lama-lama kok jadi turun.. sampe kurleb 2 cm dari bibir loyang.
    Trus setelah bener-bener dingin dan aku keluarin dari oven.. kok bentuknya jelek ya? Peyang, gitu lho..bagian bawah lebih lebar daripada yang atas.. kenapa nih mbak?

    Emang kecenderungannya seperti itu, kalo peyangnya gak keterlaluan, masih normal deh. Tapi kalo udah betul-betul distorsi, mungkin kelebihan udara di dalam kuenya. Mungkin putih telurnya terlalu kaku atau loyangnya kurang dibanting sebelum masuk oven. Bisa juga ovennya agak kepanasan. Tapi rasanya gimana? Asoy gak? :) ——Riana

  26. Comment by Lily — September 13, 2006 @ 3:56 am

    Mbak Riana, bagian atas JCC ini selain diberi olesan selai apricot bisa diganti apa ya? Soalnya selai apricot mesti beli botolan gede, ga habis2 ntar.Thanks.

    Ummm… bisa pake jelly yang banyak dijual di supermarket (konyaku, dll.). Kalo di TBK sih apricot glaze-nya bisa beli eceran tuh, jadi gak mubazir. Dikau di mana? ———-Riana

  27. Comment by Iphiet — September 19, 2006 @ 5:19 pm

    lam kenal mba, riana
    setelah sekian lama melihat blognya mba riana, akhirnya aku tertarik juga untuk membuat jcc, tapi ada yang mau ku tanyain (kalau sempet tolong
    dijawab ya mba):
    1. chesee cream nya pake merk apa yach mba biar rasa kejunya mantap(aku bikin pake yummy yang nfctl dan light kok rasa kejunya kurang terasa
    yach mba, yang kerasa malah lemon dan susu)
    2. jcc punyaku gak ngembang seperti punya nya mba riana(tapi teksturnya sich uda lembut banget)

    atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih

    Dear Iphiet,

    1. Aku sih biasanya pake antara dua: Anchor, atau Philadelphia. Kadang pake Neufchatelnya Yummy, tapi jarang banget. Ini memang samar kok rasa kejunya, jadi balik ke selera. Untuk perbandingan, bisa cobain JCCnya Eaton atau Miki Ojisan. Rasanya juga sama kayak gini, kejunya samar.
    2. Gpp selama teksturnya lembut, berarti udah betul. Mungkin beda di berat telur atau performa oven.

    Makasih juga, udah mampir ke sini :) ———Riana

  28. Comment by Tia — September 19, 2006 @ 8:44 pm

    Mbak.. laporaannn…
    Tried this for the second time, and following your instructions, loyang dibanting dulu & temperatur oven dikurangin dikit. 75 mnts later, jadinya bagus.. gak pake peyang! :D
    Got no apricot in stock, so I used strawberry jam. Oh my… oh my!! Strawberry tasted prettily with lemon!
    Thanks for sharing this recipe!

  29. Comment by Lesca — September 25, 2006 @ 2:08 pm

    Mbak, semalem aku nyobain bikin JCC, tapi belum berhasil… :(
    Aku mau tanya:
    1. Aku kan pake loyang 20 cm, harusnya kan adonannya berlebih, ini kok ga penuh2 acan ya? Apa itu berarti adonannya kurang ngembang?

    Lah, ini rada aneh ya. Mungkin telurnya kecil-kecil? Atau putih telurnya mencair?

    2. Tekstur cake nya ga lembut seperti yang aku bayangin, malah cenderung beremah. Pas dipotong juga banyak remah2nya.

    Wah, gak bener deh kayaknya. Karena kue ini remahnya sedikit. Hanya beremah kalo masih panas aja.

    3. Di sekeliling bagian permukaan kue ada bolong2 kecil, kayak pori2 gitu. Itu kenapa ya mbak?

    Itu gelembung udara yang pecah ke permukaan. Sewajarnya gelembung ini akan mengangkat adonan sehingga mengembang. Seharusnya gak ada jejak bolong spt itu, dugaanku antara lain putih telur kurang kaku, atau oven kurang panas.

    4. Terakhir, waktu aku masak cheese, mentega dan cream-nya, setelah mendidih kok menteganya jadi misah ya? Jadi keliatan ada minyak2-nya gitu. Padahal udah pake api yang paling kecil.

    Kayaknya menteganya udah keburu mendidih duluan deh. Gini deh, mendingan masaknya jangan langsung di atas api, karena besar api dan rambat panas panci beda2 tiap orang. Coba di-tim, jadi gak akan bisa mendidih menteganya. Aduk rata selama dipanaskan, hingga jadi adonan lembut dan homogen. Kalo panasnya gak berlebihan, insya Allah adonannya nyatu.

    Makasih banyak sebelumnya ya… :)

    JCC ini emang gampang2 susah kok. Jadi jangan kecil hati yaaa.. Baca lagi hasil diskusi temen2 di halaman ini, lalu coba lagi. Practice makes perfect kan? ——– hug, Riana

  30. Comment by Lesca — October 9, 2006 @ 11:27 am

    Mbak, week end kemarin aku nyoba bikin JCC ini lagi. Ada perbaikan :-p Tekstur cake-nya udah alus banget. Ga berpori atau beremah. Menteganya juga udah ga misah lagi. Yang pertama dulu aku pake whipping cream yang bubuk, terus dikocok sendiri pake air es. Kemarin aku pake whip cream yang cair. Ada pengaruhnya ga ya?
    Tinggal 1 masalah lagi, waktu dipanggang cakenya ngembang bagus banget. Cuma pas lagi didinginin, mulai deh jadi mimpes. Apa karna dibantingnya kurang keras ya? Mudah2an, percobaan yang ke-3 nanti lebih sukses ya :)

  31. Comment by ika — January 28, 2007 @ 9:59 am

    mbak riana,helpppp!
    JCC - ku kok gosong banget ya atasnya? aku pake oven listrik mungil n pake loyang oval, suhu aku set 130 pake api atas-bawah. dalemnya sih oke, tapi ya itu, baru 40 menit udah gosong atasnya, jadi gak cantik deh :(
    oya, kapan nih mo bikin artikel ttg food photography?

    Rule of Thumb untuk oven listrik: Selalu gunakan api bawah saja, kecuali untuk: cookies, kue sus, muffin, lapis legit, bolu gulung, dan lainnya yang disebutkan khusus dalam instruksi.
    Jadi pake api bawah aja ya.
    Food Photography-nya setengah jalan niiih… sabar ya.. ——Riana

  32. Comment by yanti — January 30, 2007 @ 11:52 pm

    jadi pingin nyoba bikin deh…setelah aku liat2 di bagian yg dingin2 di supermaket, kebayakan wipkrim nya di jual per 1 liter ya, sementara untuk ciskek ini yang di pake cuma 120ml, sisanya ga papa tuh di simpen aja di kulkas? bisa tahan berpa lama ?? jangan di ketawain loh…baru belajar niy… :)

    Elle & Vire dijual 200 ml. Kalo terpaksa beli yang 1 l, sisanya ditutup rapat pake clingwrap, simpen di kulkas, tahan 1 bulan. Kalo mau lebih aman lagi, kocok kaku, masukin ke plastik segitiga, plintir rapet (atau ikat) ujungnya, simpen di freezer, tahan sampe forever kayaknya :)

  33. Comment by ika — February 2, 2007 @ 11:03 am

    hehehe… rupanya itu toh sebabnya setiap cake yg aku buat, mateng sih, tapi atasnya selalu gosyong. makasih ya, mbak ri.. udah coba lagi jcc-nya, kali ini udah oke luar-dalem:)

  34. Comment by hanny — February 4, 2007 @ 3:10 pm

    Mbak, mau nanya nih..kemaren saya bikin JCC kok bantat yach? apa karena kurang soft peak yach?
    apa sih yang akan terjadi kalo ngocok putih telur kurang soft peak ata malah terlalu stiff?
    Thanks

    Bisa jadi kurang soft peak. Kalo kurang kaku, adonan akan cair/encer, sehingga cake akan bantet. Kalo terlalu kaku, kue akan kempis banyak setelah keluar oven.

  35. Comment by yanti — March 3, 2007 @ 4:07 pm

    tadi pagi aku dah nyoba bikin JCC untuk yang pertama kali, hasilnya “sukses boow !!” sueneeeng banget deh :) dan rasanya itu lho ga nahan enak banget dan ngapas banget (saking lembutnya kyk kapas heheheh)…
    nuhun banget ya riana resep nya….

    sekalian tanya dong, aku pernah baca salah satu resep kukis dan salah satu bahannya adalah 50gr molases, “molases” itu apa sih ?dan gunanya untuk apa? aku pernah nyari di toko ani, tapi orang di toko ani malah tanya itu untuk apa?? jadi bingung saya :)

    thanks

    Molasses itu hasil samping dari produksi gula pasir (baca di sini). Bentuknya kental seperti madu, berwarna coklat, rasanya manis beraroma karamel. Gunanya untuk bikin macem2 kue, a.l. Ginger Bread Cookies (Ginger Bread House), aneka cookies, cake, saus, syrup, permen, dll.
    Jarang dijual di Indonesia, kecuali mau nyari ke supermarket bule’. Kalo untuk penggunaan bikin cookies, bisa diganti sama Dark Corn Syrup.
    Semoga membantu ya..

  36. Comment by evie — March 3, 2007 @ 4:19 pm

    riana, JCC ini klo mau dibawa ke lampung harus pake dry ice kah?

    thanks

    Gak usah, Vie. Tapi juga jangan kepanasan ya.

  37. Comment by teresa — March 23, 2007 @ 2:29 pm

    mbak riana, yang point no 3… kuning telur dan 1 butir telur itu di aduk sampe telur dan tepungnya rata nyatu aja ato harus pake mikser sampe agak ngembang? Trus mengenai au bain marie, apa alumunium foil itu wajib? mau nyoba tapi ga pede mbak… hehehe. Dan sori ini cuma mau tanya aja, kocok kuning telur supaya ngembangnya bagus seharusnya pake kecepatan tinggi ya mbak? thanks a lot B4.

    Sampe rata aja.
    Aluminum foil untuk ngejaga supaya air gak rembes masuk ke loyang.
    iya kecepatan tinggi. ———-Riana

  38. Comment by enda — May 9, 2007 @ 9:34 pm

    dear riana..JCCnya oks bgt,soal rasa puasss..tp penampilan JCCku blum okay..stlh dingin ko keriput yaa..ga kyk pny riana,mantap..JCC ku klu diliat dr samping kyk kerucut,bwh lbh lebar dr atas…knp yaaa..apa pengocokan putih telur tllu kaku/lama??
    perna nyoba putih telur ga tllu kaku,hasilnya adonan jd encer buangett…plizz ksh pencerahan yaaachh..tks sblumnya..daa…cheerrss

    normal sih, asal gak keterlaluan aja. Kalo pake keju fresh dia cenderung lebih gak kokoh dan ngerut. Kata Yeni, kalo pakenya keju fresh, tambahin tepung 2-3 sdm. Kalo pake keju processed, lebih kokoh dan bentuknya bagus. —–Riana

  39. Comment by IweT — June 7, 2007 @ 4:26 pm

    Mba’RiaNa..aQ mo TaNya duNks..
    CreaM CheeSe yaNg PhiLadeLphia iTu yang kAYa gMn c??
    soaLnya uDah tiaP suPerMarKet di puTerin Merk yaNg aDa cuMa YummY,sama RiVerina.

    nuHun PiSan Y mBa…

  40. Comment by Fenny — June 11, 2007 @ 12:15 pm

    hi iwet,
    bukan mbak riana, tapi mau coba bantu.
    mungkin lagi habis ya.
    aku sih sering liat di sogo, kemchicks, ranch market, carrefour, d’best & hero juga ada.
    ini penampilannya: http://www.kraftfoods.com/philly/products.htm
    yg dijual di jkt yg bentuknya bar.

  41. Comment by IweT — June 14, 2007 @ 9:29 am

    waaaHhh..
    MaKaSih bANyaK ya Mba FeNNy..
    uDah jELas deH,,tAr aQ caRi Lagi di suPerMarKet di boGOr deH..maKLum ga sEGedE jaKartA,,hEehehehehhehe n_n

  42. Comment by Tanti — August 26, 2007 @ 7:56 pm

    Dear Mba Riana, aku dah buat JCC ini tadi pagi akhirnya..pheww.. ngopennya hampir kebablasan mba.. lupa ngurangin waktu panggangnya krn cuma punya loyang spring form 18 cm, jadi harusnya pake cuma 1/2 resepnya, setting waktu panggangnya untuk yang 22 cm, untung sadar sebelum gagal he.he., oishiiiii.. enak banget mba.., terus adonan setengah resepnya lagi karena ovenku cuma bisa masuk satu loyang, dikukus.. hasilnya .. hm not bad , not good, teksturnya seperti puding roti yang lembut gitu , kalau dalam kondisi diatas adonan masih sisa banyak boleh ngantri oven ngga mba ?? thanks

    Waks, kalo ngantrinya lebih dari setengah jam, sebaiknya jangan. Takutnya turun tuh adonannya (gelembung udara dari putih telur pecah lagi menjadi cairan putih telur). Selamat ya, udah naklukkin JCC :) ——–Riana

  43. Comment by Evie — November 21, 2007 @ 4:39 pm

    saya udah 2x nyoba jcc ini, so far sih bagus dan enak cuma yang mau aku tanyain, kenapa wkt masih di dlm oven tinggi banget tapi pas dah dingin jadi kempes banget???? satu lagi aku bikinnya pake loyang biasa yang dialasi kertas roti, trus ngeluarin dr loyang nya gimana? krna pas aku balik permukaan yg kuning keemasannya nempel di piring??? harus dibalik ga sih? thanks resepnya dan jawabannya ya Ri…

    Kejunya pake fresh atau processed? Biasanya kalo pake fresh memang hasilnya kurang kokoh dibanding kalo pake yang processed. Kalo triknya Yeni, tambahin 1-2 sdm terigu ke dalam adonan kuning telur (kalo pake fresh cheese).
    Sebab lainnya, ngocoknya putih telur terlalu kaku, sampe puncak runcing. Cukup sampai tahap puncak tumpul aja.
    Sebab lain lagi, kurang lama dikit lagi manggangnya, dan panas di bagian atas rada kurang.
    Sepertinya kamu harus pake api atas sebentar untuk ngeringin bagian atasnya deh. Mungkin panasnya gak terlalu rata sampe ke atas. Kalo rata, bagian atasnya kering tuh, jadi gampang dikeluarin seperti biasa ngeluarin cake aja, dibalik ke papan kue/piring kue. ———-Riana

  44. Comment by Alex — December 26, 2007 @ 9:59 am

    Mbak Riana,
    Thanks bgt tip2nya. Aku udah bikin JCC minggu lalu n sukses berat!! Wuih bangganya loh mbak. :D Aku bikin 2 kali, cuma yg kedua kurang tinggi hasilnya. Rasanya bener yg mbak bilang karena manggangnya kurang lama. Soalnya aku tinggal ke dokter, walau aku pantau terus lewat HP, tapi my housekeeper matiin ovennya pas atasnya baru coklat sedikit. But overall, I’m so happy n oh so proud of myself!! (narsis.com:-) Mbak, kalo aku mau rasa kejunya lebih rich gimana yah? Apa boleh aku tambah cheddar parut? Jadi bantet gak yah? Soalnya blom berani bereksperimen nih, maklum biasanya cuma bikin brownies aja yang pasti jadi walau pake improvisasi macem2. :P Thanks ya Mbak - Alex

    Alex, mm.. jangan ditambahin cheddar parut deh, nanti jadinya bolu keju, hehehe… JCC emang takdirnya punya rasa keju yang lembut membelai2. Kalo mau kejunya lebih nendang, bisa coba blueberry cheesecake, bolu keju, atau jenis cheesecake yang lain yang klasik, dan bukan cotton cake. JCC ini sebetulnya adalah cotton cake. ——–Riana

  45. Comment by Evie — January 16, 2008 @ 5:01 pm

    Riana, apa sih bedanya keju fresh dan keju processed ?? aku pakenya philadelphia cream cheese. cream cheese yg aku pake itu fresh atau processed?

    Philadelphia, processed.
    Fresh, segar. Processed, olahan. ———-Riana

  46. Comment by bebe — January 22, 2008 @ 11:29 am

    Mbak Riana, nanya donk.. setelah mantengin resepnya selama ampir setaun akhirnya mo nekad bikin nih hehehe.. bisa ngga sih mbak kalo JCC ini dibikin pake loyang muffin & dipakein paper cup? maksudnya biar lebih gampang bagi2nya.. >_*

    Bisaaaa….

    Truss karena adonannya gak boleh ngantri lama, boleh gak kalo pake rak atas & bawah sekaligus? aku pake oven listrik.. atau harus sekali panggang cuman 1 rak ajah yang dipake?
    Thanks banget ya mbak..

    oven listriknya sempit ya? Baiknya sih 1 rak aja. Tapi kalo ruangnya luas, bisa dicoba sih. Pokoknya itu oven jangan sampe kepenuhan sampe ruang gerak udara dan uapnya terlalu sempit… —-Riana

  47. Comment by Luluk Gozali — March 13, 2008 @ 5:43 pm

    Hola Mbak Riana,

    Setelah sukses dengan chiffon2 cake yg ada di blog mbak ini.. (*Hmm*Hmmm* agak bangga diiikiit)akhirnya daku mencoba untuk membuat JCC… Cukup sukses! dari segi tektur n rasa.. OKeeee!!! Miki Ojisan juga lewaaattt!! hihihi.. Tapi mbak.. yang mengganggu di jiwaku (krn kuatir jd sarap makanya nanya disini..hehe)kenapa kok tingginya cm sekitar 3,5cm? Saya pake loyang 22cm tinggi 7cm. Mungkinkah karena tdk saya banting?? Ato karena loyang au bain marie nya ketinggian?? Thanks a lot..


    Huaaaa… maap kalo telat jawabnya, mudah2an jiwanya belum terganggu beneran :) Kejunya pake keju fresh apa processed? Kalo pake fresh, biasanya memang harus ditambah terigu 1-2 sdm supaya lebih kokoh, otherwise dia mimpes banget. ———Riana

  48. Comment by yanti — April 2, 2008 @ 5:20 pm

    riana, aku pernah baca resep cheese cake yang cheese creamnya mesti di tim dulu, supaya apa sih?

  49. Comment by Sherly — April 11, 2008 @ 10:27 am

    Halo, mbak Riana.. thanks banget lho buat resep n petuah-petuahnya. Aku kemaren baking, cuma salah perhitungan, pake loyang tinggi 4 cm doang, ga nyangka adonannya banyak jd aku bagi jd 2 loyang. Trus manggangnya sekaligus (maklum, seumur2 baru 4 kali baking sendirian *malu*)dan ovennya memang jadi cramped banget. Yang di rak bawah airnya bergolak mendidih, yg di rak atas cepat sekali coklatnya. Trus baru lewat 30 menit terpaksa buka pintu oven n dibalik.

    Hasilnya sih oke, secara loyangnya tipis jadi hasilnya jg tipis, tapi ga peyang dan ga amblas… cuma ga bisa se-soft Miki Ojisan punya.. agak padat tapi soft juga meskipun ga bisa cotton. Apa ini karena oven terlalu cramped (manggang 2 loyang sekaligus) dan pintu oven dibuka untuk mindah loyang itu ya?

    Trus mbak, mau tanya jg pas lumerin cheese di double boiler, ampun sudah sejam ga lumer2.. Saya pakai penggorengan cekung dan tumpangin mangkuk tahan panas diatasnya. Airnya sudah mendidih tapi cheesenya ga mendidih2. Akhirnya keki saya taruh langsung diatas api, baru mendidih. Ini kenapa ya, mbak? Apa tim-nya ga boleh pakai penggorengan? airnya bergolak, mungkin ada yg masuk ke adonan telur –> apa ini yg bikin bantet juga ya?

    Mohon petunjuknya ya mbak.. :)

  50. Comment by Inge — May 11, 2008 @ 4:38 am

    Mba, saya hr ini baru coba cheesecake nya, enak deh..fluffy. Makasih banyak yah. :) . Kue yg lainnya juga terlihat menarik, kapan2 saya mo coba yg lain. Thanks

  51. Comment by Rurie — July 12, 2008 @ 6:45 pm

    Halo Mbak Riana,

    I just found out your blog couple weeks ago and am a big fan already :)

    I made this cake already and it turned out beautifully. Thanks for sharing the recipe and the tips as well.

  52. Comment by fitria — August 25, 2008 @ 8:41 pm

    mbak,

    aku pamit masukin resep ini ke blog ku ya….uenak bener euy….muantab..

  53. Comment by aya — September 5, 2008 @ 12:01 pm

    thx mba dah sharing resep dan tips2nya.. kepake banget..
    percobaan pertama JCC udah OK cuma tampilan ga banget, ternyata kepanasan pas ngoven, lalu percobaan kedua abis baca blognya mba riana LULUS dengan suksesnya.. makasih banyak yaa..

  54. Comment by novia — September 24, 2008 @ 4:51 am

    uenak yah, bisa telaten bikin japanese cheese cake. pengen coba bikin, kok sudah ngeri duluan. hua ha ha … mesen ke mbak riana bisa nggak?

    Bisa kalo pas aku bisa :) ————Riana

  55. Comment by edois — October 20, 2008 @ 9:35 am

    Mbaaa, kemarin aku dah coba bikin JCC, tapi pas dipanggang kok ga ngembang yah ??? trus kuenya beremah gitu, kayak makan cake biasa.. ?
    1. ada pengaruh ama kocokan putih telur ga ya ?? waktu dikocok sih kayaknya sedikit hard peak, soalnya pas diangkat ga mau jatuh, warnanya sih shiny…

    Yakin dipanggang au bain marie kan? Suhu udah bener? Kalo suhu udah bener, au bain marie bikin kuenya lembut teksturnya loh, gak kayak cake biasa yang dipanggang tanpa air.

    2. trus yang dimaksud putih telurnya cair itu kayak gimana mbak? soalnya dari awal, aku dah pisahin kuning ama putihnya, trus 1 jam baru aku kocok, pengaruh ga ya ????

    gak ngaruh. Mencair maksudnya dia menjadi cair lagi, dari bentuk busa.

  56. Comment by Winny — October 29, 2008 @ 7:29 pm

    Kak.. nanya dong.. whip creamnya itu bole diganti thickened cream gak? disini adanya jual thickened cream(35% fat) ato double cream(40-45%).
    thanks!!!

    Hmmm… lebih baik double cream deh.. dik Winny :) ———Riana

  57. Comment by Juli — November 19, 2008 @ 5:19 pm

    Mba, kalo pake loyang 26 cm resepnya bisa ngga ato mesti di tambah adonannya?

    Bisa, tapi kuenya jadi pendek. ——–Riana

  58. Comment by fitri — December 3, 2008 @ 1:53 am

    mba riana, salam kenal….
    langsung yah..aku ga punya oven sama sekali.tapi aku kepingin banget bikinin kue ultah bwt suamiku…
    kalo baking pan sih aku punya (listrik).
    bisa ngga sih dipake bwt manggang jccnya?trus btw apa seh bedanya baking pan ama oven?makasih sblmnya yah mba….

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment

Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>



Anti-spam measure: please retype the above text into the box provided.





Get free blog up and running in minutes with Blogsome | Theme designs available here